Wagub Jambi Sebut Pengembangan UMKM Dapat Tingkatkan Pendapatan Masyarakat

Jambi – Keberpihakan pemerintah dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dinilai merupakan langkah strategis karena terbukti berdampak besar kepada pendapatan masyarakat, kata Wakil Gubernur Jambi H Abdullah Sani di Jambi, Kamis.

“Kehadiran UMKM menciptakan lapangan pekerjaan, dan pada gilirannya berdampak besar pada peningkatan pendapatan masyarakat. Daya angkatnya sangat luas dan besar,” kata Wagub Sani saat menghadiri acara Business Forum Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Wagub menyatakan, Pemerintah Provinsi Jambi terus mendorong dan mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk terus maju dan berkembang.

“Kita menginginkan UMKM di Provinsi Jambi semakin maju, untuk itu kita terus berupaya mendorong UMKM untuk lebih baik lagi. UMKM merupakan salah satu penyangga penting dalam perekonomian daerah,” ujar Sani.

Pemerintah Provinsi Jambi mengharapkan dukungan dari pemerintah pusat dalam sektor konektivitas transportasi, dengan tujuan memperkuat industri dan produk-produk unggulan dalam negeri.

“Termasuk realisasi tol Trans Sumatera, dalam mendukung kelancaran logistik,” katanya lagi.

Sekjen Kementerian Perhubungan Djoko Sasono mengharapkan UMKM untuk terus berkembang dan mulai merambah ke sektor digital.

“Kita mengharapkan UMKM semakin kreatif, terutama di sektor digital yakni seperti konten kreatif, tentunya hal ini merupakan salah satu modal penting dalam industri kreatif,” harap Djoko Sasono.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Suti Masniari Nasution, mengatakan, Bank Indonesia terus mendorong kapasitas UMKM.

“BI terus mendorong dan melakukan pendampingan terhadap UMKM agar semakin maju dan berkembang, salah satu caranya yakni mengadakan expo bagi UMKM di Provinsi Jambi,” kata Suti. (Ant)