Polres Merangin-Apdesi Vaksinasi Sampai Ke Peloksok Desa

Jambi – Polres Merangin gandeng Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdepsi) setempat untuk bisa melakukan vaksinasi massal sampai ke desa-desa di Kabupaten Merangin, Jambi.

“Kami terus membangkitkan kesadaran warga atas pentingnya manfaat vaksinasi COVID-19, namun terkendala lokasi desa yang jauh dari jangkauan serta keterbatasan tenaga kesehatan di Puskesmas sampai ke desa, maka polisi menggandeng Apdepsi untuk bisa meningkatkan jumlah yang divaksin,” kata Kapolres Merangin, AKBP Irwan Andy Purnawan, Selasa.

Polres Merangin membentuk tim Vaksin Mobile Polres Merangin bekerja sama dengan Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Merangin.

Langkah proaktif ini dilaksanakan Polres Merangin dalam rangka meningkatkan persentase vaksinasi Kabupaten Merangin yang masih di bawah rata-rata vaksinasi nasional dan sebagai upaya guna mengejar target vaksin nasional dengan cara mendatangi masyarakat hingga ke pelosok desa yang jauh dari jangkauan.

“Tim Vaksin Mobile Polres Merangin untuk meningkatkan serbuan vaksin di wilayah Kabupaten Merangin sehingga target vaksinasi nasional dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan,” kata Irwan Andy.

Kapolres juga menjelaskan bekerja sama dengan Apdesi menjadi langkah yang lebih efektif untuk bisa membantu memfasilitasi kegiatan dimaksud bersama Kepala Desa dan Tenaga kesehatan yang ada di desa setempat.

“Tidak hanya itu saja, nantinya juga bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat desa tentang pentingnya vaksinasi untuk membangun kekebalan tubuh di lingkungan masyarakat desanya,” kata AKBP Irwan Andy.

Secara teknis pelaksanaan vaksin dibagi menjadi tiga kelompok, kelompok yang pertama dilaksanakan secara terpusat di gedung serba guna Pemerintah Kabupaten Merangin yang berada di Kota Bangko sedangkan dua tim lainnya melaksanakan vaksin secara terpisah dengan cara mendatangi desa-desa dan bekerjasama dengan Kepala Desa setempat.

Di tempat terpisah, Ketua Apdesi Kabupaten Merangin, Abubakar menyampaikan sangat mendukung program Polres Merangin dalam rangka mengejar target vaksin nasional dan kami bersama seluruh kepala desa akan mendukung penuh Kapolres agar masyarakat kami dapat divaksin semuanya. (Ant)