Polda Jambi Gelar Apel Siaga Dalam Hadapi Ancaman Karhutla

Jambi – Kepolisian Daerah (Polda) Jambi menggelar Apel Siaga dalam menghadapi ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Langkah ini dilakukan karena saat ini sudah memasuki masa peralihan dari musim hujan ke kemarau dan sekaligus memberikan motivasi, apresiasi dan membakar semangat kepada Personel Satgas Gabungan yang selalu bersiaga memadamkan api di Pos Karhutla serta bantuan sosial kepada warga sekitar.

Kapolda Jambi, Irjen Pol A. Rachmad Wibowo memimpin langsung Apel Siaga Karhutla yang berlangsung di Desa Betung Kecamatan Kumpeh Kabupaten Muaro Jambi pada Rabu (21/07/21).

Dalam Arahannya Kapolda Jambi menyampaikan ucapan terimakasih kepada Personel Satgas gabungan Karhutla yang telah bekerja tanpa mengenal lelah sehingga saat ini belum ada terpantau titik api di Desa Betung, Kecamatan Kumpeh ini.

“Kita tahu bahwa di wilayah yang cukup berat degan kondusi yang serba minim tetapi rekan rekan telah melaksanakan dengan baik dan dedikasi yang sangat tinggi dan Alhamdulillah sampai saat ini di daerah ini tidak ada titik api, ” terang Jenderal Bintang Dua.

Irjen Pol A. Rachmad Wibowo menjelaskan bahwa petugas dari TNI dan Polri akan meninjau lokasi yang rawan akan titik api yaitu di daerah Seponjen.

“Selama ini kita fokus hanya di kumpeh, yang pekerjaannya sudah hampir 100 persen walaupun sering terjadi kendala karena karakter tanahnya yang labil, akan tetapi kita tidak bisa mengabaikan daerah lainnya,” tutur Kapolda Jambi.

Mantan Dirtipid Siber Bareskrim Polri mengungkapan bahwa petugas kepolisian saling bekerja sama dengan unsur terkait dalam upaya penanganan Karhutla.

” Mudah-mudahan tidak ada lagi titik api selama tahun 2021 dan selanjutnya. Langkah-langkah strategis sudah kita lakukan semoga ini bisa dipertahankan, dan bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungannya tetap lestari, ” tegas Lulusan Akabri tahun 1993.

Pada kesempatan itu, Kapolda Jambi juga mengimbau kepada seluruh warga betung agar selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Kepada warga desa Betung, saya harap selalu terapkan Prokes Covid-19, semoga warga desa Betung selalu sehat dan tidak ada yang sakit karena lokasinya jauh dari kota. Sebab yang dikhawatirkan adalah ketika orang dari Kota datang ke desa ini, kita harus waspada setiap orang yang datang kesini, setiap gejala yang timbul agar segera dilaporkan kepada kapolsek atau kepada Kapolres untuk segera ditangani,” tutup Irjen Pol A. Rachmad Wibowo. (Tbn)