Pemprov Jambi Dorong PUSKUD Bantu Pemerintah Kendalikan Inflasi

Jambi – Pemerintah Provinsi Jambi meminta Pusat Koperasi Unit Desa (PUSKUD) di daerah itu turut membantu pemerintah dalam mengendalikan inflasi.

“Kita minta PUSKUD Jambi meningkatkan pembinaan kepada Koperasi Unit Desa (KUD), di mana KUD merupakan suatu wadah bagi anggotanya dalam meningkatkan perekonomian,” kata Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani di jambi, Kamis.

Abdullah Sani menjelaskan pemerintah telah berupaya mengendalikan inflasi. Namun demikian, berdasarkan fakta yang ada, sebagian komoditas di tingkat distributor sering mengalami lonjakan harga yang cukup besar pada beberapa komoditas, sehingga efek kenaikan harga tersebut memberikan beban yang luar biasa berat bagi kelompok rumah tangga yang tidak mampu atau miskin.

Terlebih, lanjutnya, pada momen bulan Ramadhan dan Idul Fitri, yang dinilai selalu disertai peningkatan kebutuhan masyarakat terhadap bahan kebutuhan pokok (sembako).

KUD diharapkan menjadi salah satu wadah yang bisa meningkatkan perekonomian anggotanya. Keberhasilan KUD-KUD di Provinsi Jambi akan berdampak positif terhadap peningkatan perekonomian kabupaten dan kota, yang selanjutnya akan berkontribusi terhadap peningkatan perekonomian Provinsi Jambi.

“Dengan demikian peran PUSKUD diharapkan dapat meningkatkan kinerja seluruh KUD di Provinsi Jambi,” kata Abdullah Sani.

Sementara itu menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah tahun 2022, PUSKUD Provinsi Jambi melaksanakan program pembagian sembako sebanyak lima ratus paket dan seratus paket santunan anak yatim. Melalui program tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pangan menjelang hari raya.

Ketua PUSKUD Provinsi Jambi Sugiono mengatakan pembagian paket sembako dan santunan anak yatim oleh PUSKUD Provinsi Jambi merupakan kegiatan rutin di bulan Ramadhan.

“Kegiatan pembagian sembako merupakan salah satu wujud perhatian dan empati dari segenap pengurus maupun anggota PUSKUD Provinsi Jambi kepada masyarakat yang tergolong tidak mampu atau sangat membutuhkan,” kata Sugiono. (Ant)