Pahami Pinjaman On Line Yang Mudah-Aman

Jambi – Pesatnya perkembangan teknologi semakin mempermudah masyarakat dalam melakukan pinjaman keuangan, namun perlu di pahami bagaimana pinjaman on line yang mudah dan aman.

“Tips aman memilih pinjaman on line antara lain pilih yang sudah terdaftar dan berizin OJK,” kata Waka Kurikulum SMK ICB Cinta Wisata dan Instruktur Program Kewirausahaan SMK Dinas Provinsi Jawa Barat Sugiyo saat menjadi narasumber dalam program literasi digital Kementerian Komunikasi dan Informatika di Kabupaten Merangin, Minggu.

Sugiyo menjelaskan pinjaman on line merupakan layanan pembiayaan yang disediakan oleh badan tertentu secara on line. Fenomena ini menjadi solusi bagi masyarakat yang sedang membutuhkan dana cepat untuk berbagai kebutuhan.

Pinjaman on line adalah jenis pinjaman yang cukup diajukan secara on line melalui aplikasi ponsel tanpa perlu tatap muka.

“Cari suku bunga dan biaya yang transparan, kemudian baca dan pahami syarat lengkapnya, serta punya fasilitas cek status pinjaman yang mudah,” kata Sugiyo.

Dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang paham akan Literasi Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengadakan kegiatan Literasi Digital untuk meng-edukasi dan mewujudkan masyarakat agar paham akan Literasi Digital. Lebih dalam dan menyikapi secara bijaksana dalam menggunakan digital platform di 77 kota dan kabupaten di area Sumatera II.

Mulai dari Provinsi Aceh sampai Lampung dengan jumlah peserta sebanyak 600 orang di setiap kegiatan yang ditujukan kepada PNS, TNI-Polri, Orang Tua, Pelajar, Penggiat Usaha, Pendakwah dan sebagainya.

ada empat kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Digital Skill, Digital Safety, Digital Ethic dan Digital Culture dimana masing masing kerangka mempunyai beragam tema.

Dengan pesatnya kemajuan teknologi dan adanya pandemi merubah segala aktifitas masyarakat, dan untuk menghadapinya harus mempercepat agenda literasi digital.

Salah satunya adalah menciptakan masyarakat digital dimana kemampuan literasi digital memegang peranan penting di dalamnya. Literasi digital adalah kunci bagi masyarakat pada saat ini.

Selanjutnya pada materi keamanan digital dijelaskan tentang tips memiliki aplikasi dompet digital yang aman dan terpercaya oleh Dosen Ilmu Komunikasi Abdul Rozak Mozin. Kemudian pada materi budaya digital dijelaskan tentang pilihan antara menabung dan belanja on line oleh Guru dan Pembina Komunitas anak Merangin Arliana.

Dan pada materi etika digital dijelaskan tentang pentingya memahami dan membedakan informasi hoax oleh Ketua Prodi PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bango Apdoludin. (Ant)