Mandiri Jambi Ingatkan Nasabah Segera Ganti Kartu ATM Sebelum Diblokir

JAMBI, sahabatrakyat.com – Bank Mandiri Area Jambi mengingatkan kepada nasabahnya untuk segera melakukan pergantian kartu ATM Mandiri lama atau Mandiri Debit Magnetic Stripe ke Mandiri Debit Chip.

Area Head Bank Mandiri Jambi, Suroso kepada ANTARA di Jambi, Selasa, mengatakan untuk jadwal pemblokiran kartu ATM Mandiri lama atau Mandiri Debit Magnetic Stripe semakin dekat. Adapun tahapan pemblokiran dimulai pada 1 April 2021.

“Bagi Anda pemegang kartu ATM Mandiri lama, segera ganti sebelum diblokir. Bank Mandiri memang akan memblokir kartu ATM nasabah tipe Debit Magnetic Stripe. Pemblokiran ini dilakukan secara bertahap sesuai jadwal yang ditetapkan bank,” katanya.

Ia menjelaskan, proses blokir dilakukan bertahap berdasarkan kriteria expiry date atau batas masa aktif kartu.Tahap pertama, kartu ATM dengan expiry date 2021 sampai 2022 bakal diblokir pada 1 April 2021. Saat ini, pemblokiran tersebut tinggal menghitung hari.

Tahap kedua yakni kartu ATM dengan expiry date 2023-2025 dijadwalkan pemblokiran pada 1 Juni 2021. Sedangkan tahap ketiga kartu ATM dengan expiry date 2026 sampai 2030 akan diblokir pada 1 Juli 2021.

“Untuk nasabah di Jambi mari segera ganti kartu ATM lama dengan yang baru agar bisa tetap digunakan,”ujarnya.

Suroso meneruskan, semua pemilik kartu ATM Mandiri Debit Magnetic Stripe memang wajib mengganti dengan yang baru. Namun ini tidak berlaku bagi nasabah pemegang kartu bansos dan kartu tani. Nantinya  jika sampai batas waktu yang ditentukan nasabah tidak mengganti kartu debit, maka nasabah tidak bisa menggunakan debit untuk bertransaksi.

Terkait jumlah nasabah Jambi yang sudah mengganti kartu, Suroso menyebutkan bahwa data tersebut diambil secara kumulatif secara nasional. Namun dirinya memastikan sudah hamper keseluruhan nasabah Mandiri Jambi yang melakukan penukaran ke Mandiri Debit Chip.

“Rata-rata nasabah sudah melakukan pergantian kartu,” sebutnya.

Pergantian ini dikatakan Suroso sebagai bentuk proteksi kepada nasabah, kartu berbasis chip relatif lebih aman dibandingkan transaksi menggunakan kartu berbasis magnetic stripe untuk mengurangi resiko pencurian data nasabah dan transaksi skimming. (Ant)