Gubernur Jambi: Anggota Paskibraka Jaga Imun Tubuh

Jambi – Gubernur Jambi Al Haris berpesan kepada anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) agar menjaga imun tubuh sebelum menjalankan tugas pada tanggal 17 Agustus 2021.

“Harapannya anggota Paskibraka Provinsi Jambi dapat menjaga kesehatan dengan baik, menjaga imun tubuh, dan kekompakan di lapangan,” kata Al Haris saat mengukuhkan anggota Paskibraka, di Jambi, Minggu.

Ia mengatakan tantangan Paskibraka melaksanakan tugas pengibaran dan penurunan bendera pusaka tahun ini lebih berat karena dilakukan pada masa pandemi COVID-19 sehingga kesehatan dan imun tubuh harus benar-benar terjaga dan kondisi fisik dalam keadaan prima.

Terdapat 54 orang anggota Paskibraka Provinsi Jambi yang dikukuhkan Gubernur di Rumah Dinas Gubernur Jambi. Sebanyak 54 anggota Paskibraka tersebut berasal dari 11 kabupaten/kota di daerah itu.

Setiap kabupaten/kota mengirimkan lima orang putra putri terbaik untuk menjadi anggota Paskibraka Tingkat Provinsi Jambi. Dimana anggota Paskibraka Provinsi Jambi tersebut merupakan anggota Paskibraka yang mengikuti seleksi pada tahun 2020.

Seharusnya terdapat 55 orang anggota Paskibraka yang dikukuhkan, namun satu orang anggota Paskibraka asal kabupaten Kerinci, Desta Veny Rahayu meninggal dunia saat menjalani pemusatan latihan di Kota Jambi.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi Ronaldi mengatakan karena satu orang anggota Paskibraka meninggal dunia maka akan ada satu orang anggota Paskibraka yang menjalankan tugas untuk pengibaran dan bertugas pada penurunan bendera pusaka.

“Satu orang anggota Paskibraka akan merangkap tugas, yakni bertugas saat pengibaran dan penurunan bendera,” kata Ronaldi.

Selain itu terdapat dua anggota Paskibraka Provinsi Jambi yang hasil tes PCR-nya reaktif saat menjalani pemusatan latihan sehingga harus menjalani isolasi mandiri.

“Saat ini dua anggota Paskibraka yang hasil tes PCR-nya reaktif sudah mengikuti rangkaian pengukuhan karena tes terbaru menunjukkan hasil nonreaktif,” kata Ronaldi. (Ant)