Safrial M.S Ajak Warga Sukseskan Sensus Penduduk 2020

Jambi, – Bupati Tanjungjabung Barat Safrial M.S. mengajak seluruh jajaran pemerintahan dan semua kalangan masyarakat setempat untuk menyukseskan Sensus Penduduk 2020 yang akan dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS).

Saat membuka rapat koordinasi sensus penduduk di daerah itu di Balai Pertemuan Kantor Bupati Tanjungjabung Barat di Tanjungjabung Barat, Kamis, ia mengatakan tentang pentingnya sensus penduduk yang berlangsung tertib, lancar, dan sukses.

“Agar terlaksana dengan tertib, lancar, dan sukses sehingga menghasilkan data yang valid atau berkualitas, demi kepentingan pembangunan nasional dan daerah yang tepat sasaran serta berkelanjutan,” katanya.

Ia mengatakan pada 2020, pertama kalinya BPS menerapkan metode kombinasi dalam sensus penduduk.

Selain memanfaatkan data administrasi kependudukan dari Kemendagri sebagai data dasar, katanya, BPS juga melibatkan masyarakat untuk input data secara mandiri melalui sistem dalam jaringan.

Pendataan secara daring itu, katanya, agar masyarakat dapat berpartisipasi dalam sensus penduduk serta mengedukasi masyarakat akan pentingnya data administrasi yang sejalan dengan program nasional dengan tema “Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA)”.

Safrial juga mengatakan hasil Sensus Penduduk 2020 merupakan sumber data nasional dalam rangka perencanaan program dan kebijakan pembangunan bagi seluruh masyarakat, baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Perwakilan Badan Pusat Statistik (BPS) Jambi, Wasi Riyanto, juga mengatakan bahwa hasil sensus penduduk menjadi sumber data penting bagi pengambilan kebijakan pembangunan masyarakat.

Sehubungan dengan hal itu, BPS berharap seluruh jajaran pemerintah daerah dan masyarakat setempat bersinergi dalam rangka menyukseskan Sensus Penduduk 2020.

Ia menjelaskan Sensus Penduduk 2020 menggunakan dua sistem, yakni daring dan wawancara.

Sensus penduduk secara daring dapat dilakukan mulai 15 Februari sampai 31 Maret 2020, sedangkan warga yang belum melakukan sensus penduduk secara daring akan dilakukan sensus secara wawancara pada Juli mendatang oleh petugas.(Ant)