Polda Jambi Serahkan Bantuan 24 Ton Oksigen Cair Tanoto Ke Pemprov Jambi

Jambi – Polda Jambi menyerahkan bantuan Tanoto Foundation sebanyak 24,8 ton oksigen cair kepada Pemerintah Provinsi Jambi di Rumah Dinas Gubernur Jambi. Sabtu (07/08/21).

Penyerahan bantuan tersebut, diberikan langsung oleh Kapolda Jambi Irjen Pol. A Rachmad Wibowo didampingi Provinsial Koordinator Tanoto Foundation Medi Yusva dan diterima langsung oleh Gubernur Jambi Al Haris.

Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo mengatakan kondisi di Jambi saat ini oksigen dalam keadaan aman. Tetapi, bisa saja tidak mencapai kondisi aman itu kalau tidak ada bantuan dari berbagai pihak seperti Tanoto Foundation.

“Sudah lebih dari 3 minggu ini, kita bekerja ekstra lebih, ekstra capek kita menambah Oksigen dari kondisi kekurangan, dan disini kita ada satgas oksigen. Dipimpin Ada Dirlantas, Dir intel dan Dir krimsus, beliau yang akan menghitung alokasi Oksigen di rumah sakit,” tutur Kapolda Jambi

Kapolda Jambi menyampaikan meskipun saat ini Kondisi Oksigen aman, di Jambi ada terdapat empat warna Golongan Oksigen. Yang pertama warna hijau, itu artinya ketahanan oksigen dirumah sakit bisa lebih dari lima hari, warna kuning itu ketahanan oksigennya bisa mencapai tiga hari, dan warna orange ketahanan pangannya bisa mencapai lebih dari dua hari, dan warna merah ketahanan oksigennya hanya satu hari.

“Alhamdulillah saat ini Jambi beberapa hari ini warnanya Orange, jadi ada ketahanan oksigen dua hari,” jelas Irjen Pol A Rachmad Wibowo.

Saat ini, di Jambi sendiri ada 6 filling stasion, sedangkan likuidnya tidak ada yang berasal dari Jambi, semuanya berasal dari Luar Provinsi Jambi karena tidak ada pabrik likuid di Provinsi Jambi.

“Kita menggantungkan nasib likuid kita dari dumai, sedangkan dumaipin sekarang tidak suplai jambi lagi, suplainya untuk riau dan sumatra barat. Kemudian dari sumsel ternyata itupun tidak untuk Jambi lagi, untuk lanlmpung dan Jawa. Sehingga suplai likuid di Jambi ini dari likuid yang ada di tangerang,” terangnya Irjen Pol A Rachmad Wibowo.

Kapolda Jambi berharap pengiriman likuid hingga ke Jambi dalam keadaan aman lancar karena pengiriman dikawal ketat oleh aparat kepolisian agar tepat waktu sampai Jambi.

“Supaya perjalanan likuid ini lancar sampai Jambi,” kata Kapolda.

Jenderal bintang dua ini menambahkan Polda Jambi terus konsisten menjaga kebutuhan oxygen di Jambi mulai dari perusahaan Oxygen di Banten sampai ke Rumah Sakit rujukan Covid-19 di Provinsi Jambi. (Tbn)