Dr.H. Fachrori Umar Imbau Santri Jadi Pembelajar Sepanjang Hayat

Jambi, – Gubernur Jambi , Dr.H. Fachrori Umar, M.Hum berharap santri pondok pesantren (Ponpes) Al-Madinah Kecamatan Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari dapat menjadi santri pembelajar sepanjang hayat.

Hal tersebut disampaikannya saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Batanghari pada Rabu.

Karena, menurut dia, masa belajar di pondok waktunya sangat terbatas, sementara di tengah-tengah masyarakat adalah masa pembelajaran yang sebenarnya.

“Kepada santri dan santriwati saya berpesan agar kalian tetap bersemangat untuk belajar, jadilah pembelajar sepanjang hayat,” kata Fachrori.

Selain itu, Fachrori berharap pondok pesantren khususnya Ponpes Al-Madinah untuk mampu menjawab dan mengantisipasi berbagai tantangan yang sedang dan akan dihadapi dalam upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Bangsa Indonesia.

Sementara itu, Bupati Batang Hari yang di wakilkan oleh oleh Asisten II Setda Batang Hari, M.Rifa’I menjelaskan bahwa pada akhir tahun 2019, Pemkab Batang Hari memberikan insentif kepada 216 Guru dan Pimpinan Pondok Pesantren dari 22 Ponpes yang berada di Kabupaten Batang Hari.

Bantuan insentif tersebut diberikan merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap tenaga didik yang akan melahirkan SDM yang berkualitas dan berakhlak mulia bagi bangsa, khususnya di Kabupaten Batang Hari.

“Ke depan Pemkab Batang Hari akan terus memberikan perhatian penuh kepada seluruh Ponpes dengan program dan inovasi yang lebih baik lagi, karena keterbatasan anggaran maka akan dilakukan secara bertahap,” jelas M.Rifa’I.

Perhatian yang begitu besar diberikan Pemkab Batanghari kepada Ponpes karena Ponpes salah satu Lembaga Pendidikan Tertua di Indonesia. Dalam perkembangan awalnya semua merupakan Pondok Pesantren Salaf dan Salafiyah, yakni Pondok Pesantren yang mengkaji Kitab Kuning. (Ant)