Bantuan Perahu Nelayan di Mukomuko

Mukomuko,  – Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melakukan verifikasi data koperasi dan kelompok usaha bersama (KUB) nelayan untuk diusulkan sebagai calon penerima bantuan perahu beserta mesin tempel dan alat tangkap ikan dari pemerintah setempat.

“Kami sudah melakukan pemanggilan terhadap calon penerima bantuan perahu beserta mesin tempel dan alat tangkap ikan dan melakukan verifikasi data calon penerima bantuan ini,” kata Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko Nasyyardi dalam keterangannya di Mukomuko, Minggu.

Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan tahun ini mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) Rp713 juta, sekitar Rp570 juta di antaranya untuk membeli delapan perahu beserta mesin tempel dan alat tangkap ikan.

Ia menyebutkan, tiga koperasi dan lima kelompok usaha bersama nelayan di daerah itu yang diusulkan sebagai calon penerima bantuan perahu beserta mesin tempel dan alat tangkap ikan dari pemerintah.

Ia mengatakan, instansinya telah melakukan tahapan pemanggilan terhadap tiga koperasi dan lima KUB nelayan sebagai calon penerima bantuan sarana dan prasarana perikanan tangkap.

Instansinya juga telah melakukan verifikasi untuk memastikan kelengkapan data koperasi dan KUB nelayan yang diusulkan sebagai calon penerima bantuan perahu beserta mesin tempel dan alat tangkap ikan.

Kemudian petugas instansinya juga melakukan penginputan data koperasi dan KUB nelayan yang diusulkan sebagai calon penerima bantuan sarana dan prasarana perikanan tangkap.

Ia menyatakan, instansinya bersama dengan koperasi dan KUB nelayan setempat yang diusulkan sebagai calon penerima bantuan sarana dan prasarana perikanan tangkap ini juga bermusyawarah terkait desain perahu.

“Kami juga membuat perencanaan dan membentuk desain perahu yang sesuai dengan kondisi perairan laut di daerah ini. Kemungkinan desain perahunya berbeda dari tahun sebelumnya,” ujarnya.

Instansinya memberikan waktu selama seminggu kepada koperasi dan KUB nelayan ini menyerahkan bentuk desain perahu yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan nelayan setempat. (Ant)