PM Belanda Mengaku Selalu Senang Berada di Indonesia

Bogor, – Perdana Menteri Belanda Mark Rutte mengaku selalu senang berada di Indonesia karena kedekatan hubungan kedua negara baik di tingkat politik dan pemerintahan maupun masyarakatnya.

“Ini merupakan kunjungan saya ketiga sebagai PM Belanda. Dan saya selalu senang berada di Indonesia,” kata Mark Rutte saat menyampaikan pernyataan bersama Presiden Jokowi usai pertemuan di Istana Bogor, Senin.

Rutte menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas sambutan hangat saat dirinya berkunjung ke Indonesia.

Rutte mengatakan ada hubungan dekat Indonesia dan Belanda yang tidak hanya di tingkat politik namun juga hubungan antarmasyarakat kedua negara.

“Banyak WN Belanda yang lahir di Indonesia atau punya keturunan secara langsung di sini,” katanya.

Menurut dia, banyak hubungan sejarah antara kedua negara dan keduanya pun mendorong peningkatan kerja sama baru di masa depan di bidang pariwisata, pertukaran mahasiswa, dan hubungan perdagangan.

Tahun 2018, nilai perdagangan Indonesia-Belanda berada di angka 3,8 miliar Euro dan banyak peluang untuk meningkatkan angka tersebut.

“Presiden Jokowi dan saya berbicara tentang upaya meningkatkan kerja sama sosial dan ekonomi. Sebagai contoh di bidang pendidikan, saya senang akan ada acara khusus yaitu Pekan Pendidikan dan Riset Indonesia-Belanda,” katanya.

Kegiatan itu sangat penting karena kedua negara harus memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan. “Sore ini saya akan berkunjung ke salah satu universitas di Bogor,” katanya.

Rutte juga mengungkapkan pertemuan dengan Presiden Jokowi juga membahas isu yang komplek seperti kelapa sawit dan produksi yang berkelanjutan.

“Kami berupaya untuk mengubah situasi kompleks ini menjadi peluang. Seperti perjanjian kerja sama yang baru saja ditandatangani tentang sawit lestari di New York, perjanjian tersebut akan fokus pada pengembangan kapasitas petani sawit skala kecil,” katanya.

Sementara kerja sama lain misalnya pengelolaan air, kesehatan. “Banyak sekali area lain yang berpotensi dikembangkan seperti perubahan iklim dan isu pengelolaan sampah,” katanya.

Ia berharap kedua negara bersama sama memanfaatkan peluang tersebut.

“Siang ini saya akan membuka secara resmi Kedutaan Belanda yang baru saja direnovasi di Jakarta yang kini semakin modern, yang juga menunjukkan hubungan Indonesia dan Belanda yang semakin baik,” katanya.

Ia mengatakan hubungan tersebut tidak saja dibangun melalui fondasi yang solid dari hubungan sejarah tapi juga fokus pada masa depan bersama.

“Saya bertekad membangun kerja sama tersebut bersama Presiden Joko Widodo,” kata Rutte. (Ant)